Hallo Agan2,Perkenalkan saya Dani Buldani .Sebagai pemula
yang menyukai mobil tua atau motuba
(mobil tua Bangka)yang harganya murah nyaman dikendarai dan perawatan mudan
serta irit bbm tentunya menjadi dambaan tiap orang, Kebanyakan typical orang
Indonesia (pemula yang pertamakali
pengen punya mobil ) akan mencari
memilih mobil
murah,terjangkau sesuai budget dan enak
dipake.
Mobil murah selalu di Identikan dengan mobil tua,mobil bekas
keluaran taun lawas.walalupun sekarang
ada juga beredar mobil murah LGGC atau istilahnya mobil bersubsidi. Namun bila
dibandingkan kualitas bahan2nya dg mobil
produksi taun lama sangat jauh berbeda
vs mobil produksi keluaran
sekarang.mobil keluaran zaman dulu bahan2nya bagus,platnya tebal,body
ngaleng,sasisnya memilki kadar kandungan baja nya lebih banyak.makanya tak
heran umurnya juga lebih panjang,..lihat saja disekitar kita masih banyak mobi2
tua yang masih berseliweran.
Pertamakali saya beli mobil (karena bosen pake motor
terus,kepanasan kehujanan dijalan) untuk keperluan keluarga perjalanan
jauh,keluar kota waktu itu saya cari mobil yang harganya terjangkau dg budget
keuangan saya.(20 – 25juta) tadinya rencananya mau beli Daihatsu Caharade 84
harga 25juta.katanya info yg sy dapat dari internet mobil ini murah,perwatan
mudah plus irit bbm. Namun setelah sy test drive (mobil tetangga yang mau
dijual) kok rasanya begitu yah,..suara mesin kasar,stir keras,rem sama kopling
dalam dan keras.terus kalo parkir maju mundur muterin stirnya keras
banget,capek bikin pegal2 setengah mati.Akhirnya karena kagak nyaman saya
batalkan beli Charade.
Saya cari lagi di tokobagus,berniaga ,dan ke bursa jual beli
mobil bekas di TVRI Cibaduyut Bandung saya malah kepincut Toyota Starlet kotak XL (Starko)1000cc. th 88 minta harga nett
37juta dr penawaran 39juta. (lebih mahal over budget) dikarenakan barangnya
bagus,mulus saya malah lebih tertarik beli strlet kotak.seteleh nego dg
pemiliknya karena sy ada budget cuma 25juta saya minta tolong yg sisanya 12
juta dibayar nyicil selama 1 bulan.untungnya pemiliknya mau,..dg syarat jaminan
fotocopy ktp beserta motor sy dipegang
dia dan mobil boleh dibawa pulang.alhamdulillah akhirnya cita2 kepengen punya
mobil kesampaian juga.
Starko saya pake tiap hari utk keperluan keluarga ,mobil
pertamaku ini benar2 berguna sekali sering dipake keluar kota,Banten,Jakarta,Cirebon,Garut
tanpa ada kendala. utk belanja kain bahan kerudung ke Cigondewah Bandung (karena usaha saya konveksi kerudung)
memang bandel mobil ini,selama saya pake setahun mobil mogok Cuma sekali,(bukan
masalah pada mesinnya) tapi karena radiatornya kotor (telat control) setelah di
cuci dibersihin radiatornya sama bengkel p[inggir jalan starko ngacir lagi.dan
tidak pernah mogok lagi.
Saya baru tau kalo starko mobil ini jenis city car,enak
dipake dalam kota jarak dekat namun tidak nyaman dipake perjalanan jauh keluar
kota.pantesan saya sering capek2,badan pegal2,ngantuk kalo nyetir starko
perjalanan jauh.karena mobil kecil kalo lewat jalanan jelek,berlubang mobil gasruk,goyang dan sedikit oleng,..
Karena sudah bosan akhirnya Starko ini saya jual.dan
gantinya saya beli mobil eropa yaitu Citroen BX TRS 16 th 90 mesin 1600cc yang
saya beli langsung dari bengkel specialist Citroen di Ciateul Bandung harganya murah banget Cuma
15juta.Gilee mobil eropa seharga motor buatan jepang,..
.Awalnya saya ragu beli mobil buatan Francis ini,karena
dalam pikiran saya terbayang mobil eropa itu identik dg ,boros bbm,perawatan
mahal,rumit,sparepart susah,kalaupun ada harganya mahal lagi,…
Tapi rupanya ketakutan itu tidak terbukti,..setelah
diyakinkan & dijelaskan oleh Kang Nono
mekanik specialist Citroen dia menjelaskan “piara mobil Citroenperawatannya
mudah beda dengan mobil eropa yang lain,Citroen
bensinnya irit 1:10 (dalam kota) 1:
13-15 (luar kota)sparepartnya juga banyak karena mesinnya pake mesin peugeot
504 jadi sparepartnya pake sparepat Peugeot.dan mudah dibeli.sprt di bandung di
banceuy banyak.perawatan nya juga mudah karena di bandung ada 3 bengkel
specialist citroen.di Jakarta ada 5 bengkel.
Mobil Citroenku liburan sekeluarga ke Gunung Tangkuban Perahu (saat isi tambah air radiator) |
Setelah saya pake,Gila,.. mobil ini nyaman banget,enak
banget di bawanya,…fiturnya juga lengkap suspensi hidrolik,stir sdh power sterring.central lock,power
window.interior mewah,jok empuk,kabin luas lapang,jok belakang bisa muat empat
orang.
Nyetir mobil Citroen
Perjalanan jauh sungguh sangat terasa nyaman.suspensinya empuk
banget,lembut,ayunan suspensi mengayun halus,libas polisi tidur tidak
kerasa,lewat pintu rel kreta api tidak perlu ngerem,dijalanan jelek berlubang
sekalipun mobil tetap melaju kencang dg stabil tidak oleng,atau limbung.bawa
citroen perjalanan jauh tidak terasa capek ataupun pegal2.(beda banget
bawaannya sama mobil jepang)
Saya sangat puas sekali pake Citroen,bensin paling irit jika
dibandingkan dg mobil eropa yang lain sprt mercy,bmw,volvo,audi,Renault dll.
Perwatan nya juga mudah,yang perlu diperhatikan adalah selang cumi yang
menyalurkan oli hidrolik ke berbagai
(kaki2,rem,stir) jangan sampe bocor.karena kalo bocor oli menetes dan
kehabisan oli hidrolik mobil bisa bermasalah,namun pada saat darurat kehabisan
oli dijalan bisa diganti sementara pake minyak goreng kemasan.bereees,..
Nah buat agan2
terutama bagi pemula yang hingga saat
ini masih bingung dalam membeli mobil bekas yang murah namun nyaman dikendarai pilihannya yang
tepat adalah mobil Citroen.saya sudah buktikan.Anda berani coba,…
bagus blognya mas brooo... http://www.gudangcara.net/31/cara-jitu-memilih-dan-membeli-mobil-tua.html
BalasHapusPengalamannya berharga banget buat ane, yg lg mikir2 pengen punya mobil tua.... nice infonya gan :)
BalasHapusmas bro, klo bandingin ma pug 505 enakan mana ya?
BalasHapusPug 505 suspensinya Bulgani hydrolic, Yah jauh lah...
Hapus1. Salam kecepatan tinggi, angin Akan menekan bag depan kendaraan, sehingga posisi stelan spooring akan terpengaruh, sedangkan kendaraan Dengan system hydrolic akan secara automatic, menahan tekanan udara tsb.
2. Ketika pengereman salam kecepatan tinggi, terasa mobil seperti ditarik kebelakang, ini dikarenakan system hydrolic yg menahan mobil agar mobil tidal menukik ke depan
mas bro, klo bandingin ma pug 505 enakan mana ya?
BalasHapusItu kan mesinya gantian mas broo gmna klw yg bawanya pasti susah tu nyari sperpatnya
BalasHapusKalau sudah rubahan mana dapet nyamannya..
HapusItu kan mesinya gantian mas broo gmna klw yg bawanya pasti susah tu nyari sperpatnya
BalasHapusSetuju Citroen saya mesin standar sparepart murah, bensin irit, tenaga mantabbb, technologi canggih,
BalasHapusJawa Timur show room nya dmn??
BalasHapusartikelnya keren gan sangat membantu sekali...
BalasHapustapi jujur gan, ane bingung kalo beli mobil bekas karena susah perawatan dan nyari sparepartnya.. Jadi ane lebih milih beli mobil baru berkualitan dengan harga murah .. heheh
Halo agan-agan pecinta mobil klasik..
BalasHapusMau nawarin Citroen ane nih mau dijual, ada 3 unit: Citroen BX 16 TRS, Citroen BX 1900 GTI dan Citroen Cottage.
Kiranya ada agan-agan sekalian yg berminat bisa whatsapp saya di 081932984244 ya
Thank you gan, maap numpang jualan siapa tau ada yg tertarik hehe..